Friday 2 October 2020

Fasilitas di BaJra Sandhi Renon

 Bajra Sandhi ini merupakan monumen perjuang Rakyat Bali. Di Minumen ini dilengkapi beberapa Fasilitas umum untuk khalayak ramai, tepatnya pada Zona Pengembang. 

Kali ini saya akan membahas fasilitas di monumen perjuangan  Bali di Renon

Seperti pada pengamatan saya dilapangan, fasilitas di Monumen ini sudah mulai mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Hal tersebut terbukti dengan adanya fasilitas tambahan untuk menarik perhatian khalayak ramai. Adapun fasilitasnya adalah sebagai berikut.

  1. Toilet
  2. Fasilitas hot spot (free WiFi)
  3. Tempat Sampah
  4. Tempat olahraga seperti (Lapangan Sepak bola, Lapangan Volley, Lapangan basket)
  5. Tempat bermain anak
  6. Tempat duduk

Berikut Videonya :



fasilitas umum atau sering disebut akronim fasum adalah istilah umum yang merujuk pada sarana  atau prasarana atau perlengkapan atau alat-alat yang yang disediakan  yang dapat digunakan untuk kepeingan sehari- hari bersama dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sumber Wikipedia

Fasilitas di Monumen perjuangan Bali tepatnya di Renon yoitu Bajra Sandhi. Seperti pada pengamatan saya di Monumen tersebut, Fasilitas di monumen ini sudah diperhatikan pemerinth septempat sepeprti penyediaan fasilitas dibawah ini :

1.      Toilet

2.      Hot spot Gratis dan juga berbayar

3.      Tempat Sampah

4.      Tempat olahraga seperti :  Lapangan sepak Bola, Lapangan Volley, Lapangan Basket

5.      Parjir untuk Sepeda motor, Mobis atau Bus

6.      Tempat bermain anak

7.      Tempat duduk

 

Fasilitas ini sangat mendukung kegiatan pariwisata di Bajra Sandhi tersebut, hal ini terbukti bahwa pengunjung yang datang ke tempat tersebut menggunakan fasiitas dan datang mengunjungi tempat tersebut berkali-kali, dan para pengunjung juga telah membuat club tersendiri pada olahraga yangmaupun kegiatan lainnya yang diminati.

Hal tersebut membuktikan bahwa fasilitas tersebut mengacu pada kepuasan pengunjung Monumen tersebut.

Kepuasan pelanggan adalah perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang bdia terima dan harapkan (Umar, 2005:65) jika seseorang pelanggan puas dengan nilai suatu produk atau layanan, kemungkinan mereka akan jadi pelanggan untuk waktu yang lam .

Menurut Philip kotler dan kevin lene Keller, yang dikutip dalam Buku manajemen pemasaran, kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang terjadi ketika kinerja (hasil)

Dari penjabaran diatas, dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa fasilitas yang disediakan di Bajra Sandhi memenuhi kepuasan pelanggan, terbukti bahwa pengunjung yang datang ke tempat tersebut datang terus-menerus karena fasilitas yang disediakan memenuhi kebutuhan ataupun keingonan pelanggan.



No comments:

Post a Comment

Menikmati Sunset Di suluban dan Nongkrong Di Single Fin

 Pantai Suluban berada di Kuta selatan, Pantai ini sangat indah, didukung bebatuan yang luar biasa dan lanscape s angat memukau. Didaerah i...