Bajra Sandhi ini merupakan monumen perjuang Rakyat Bali. Di Minumen ini dilengkapi beberapa Fasilitas umum untuk khalayak ramai, tepatnya pada Zona Pengembang.
Kali ini saya akan membahas fasilitas di monumen perjuangan Bali di Renon
Seperti pada pengamatan saya dilapangan, fasilitas di Monumen ini sudah mulai mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Hal tersebut terbukti dengan adanya fasilitas tambahan untuk menarik perhatian khalayak ramai. Adapun fasilitasnya adalah sebagai berikut.
- Toilet
- Fasilitas hot spot (free WiFi)
- Tempat Sampah
- Tempat olahraga seperti (Lapangan Sepak bola, Lapangan Volley, Lapangan basket)
- Tempat bermain anak
- Tempat duduk
Berikut Videonya :
fasilitas
umum atau sering disebut akronim fasum adalah istilah umum yang merujuk pada
sarana atau prasarana atau perlengkapan
atau alat-alat yang yang disediakan yang
dapat digunakan untuk kepeingan sehari- hari bersama dalam melaksanakan
kegiatan sehari-hari. Sumber Wikipedia
Fasilitas
di Monumen perjuangan Bali tepatnya di Renon yoitu Bajra Sandhi. Seperti pada
pengamatan saya di Monumen tersebut, Fasilitas di monumen ini sudah
diperhatikan pemerinth septempat sepeprti penyediaan fasilitas dibawah ini :
1. Toilet
2. Hot
spot Gratis dan juga berbayar
3. Tempat
Sampah
4. Tempat
olahraga seperti : Lapangan sepak Bola,
Lapangan Volley, Lapangan Basket
5. Parjir
untuk Sepeda motor, Mobis atau Bus
6. Tempat
bermain anak
7. Tempat
duduk
Fasilitas
ini sangat mendukung kegiatan pariwisata di Bajra Sandhi tersebut, hal ini
terbukti bahwa pengunjung yang datang ke tempat tersebut menggunakan fasiitas
dan datang mengunjungi tempat tersebut berkali-kali, dan para pengunjung juga
telah membuat club tersendiri pada olahraga yangmaupun kegiatan lainnya yang
diminati.
Hal
tersebut membuktikan bahwa fasilitas tersebut mengacu pada kepuasan pengunjung
Monumen tersebut.
Kepuasan
pelanggan adalah perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang bdia
terima dan harapkan (Umar, 2005:65) jika seseorang pelanggan puas dengan nilai
suatu produk atau layanan, kemungkinan mereka akan jadi pelanggan untuk waktu
yang lam .
Menurut Philip kotler dan kevin lene Keller, yang dikutip dalam Buku manajemen pemasaran, kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang terjadi ketika kinerja (hasil)
Dari
penjabaran diatas, dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa fasilitas yang
disediakan di Bajra Sandhi memenuhi kepuasan pelanggan, terbukti bahwa
pengunjung yang datang ke tempat tersebut datang terus-menerus karena fasilitas
yang disediakan memenuhi kebutuhan ataupun keingonan pelanggan.
No comments:
Post a Comment